Ngapalin Mana Kota, Mana Kabupaten Bandung

Tuesday, April 09, 2013


I have no idea, kenapa Jogja susah banget buat dikunjungin. Plan sudah dibuat sejak awal semester 1 dan seiring penambahan jumlah semester saya masih belum diberi kesempatan untuk menginjakkan kaki di Daerah Istimewa Jogjakarta. Terakhir, disaat waktu sudah tepat tiket kereta SOLD OUT. Mau jalan kaki juga ga kuat, jadilah batal [lagi]

Karena desperate rencana ke Jogja lagi-lagi batal oleh faktor eksternal yang berkonspirasi untuk menggagalkan, obrolan random memutuskan bahwa keesokan harinya kaki harus dibawa melangkah keliling Bandung. Selain untuk refreshing dan ngabisin tabungan [tsah], dalam perjalanan kali ini saya membawa misi untuk mengetahui lebih detail mana yang termasuk Kota dan Kabupaten Bandung.

Lho? Kenapa? Jadi, ceritanya April tahun lalu [akan saya postkan nanti] saya dibuat kesal dan malu karena pertanyaan sepele yang harusnya mudah dijawab kalau bisa membedakan mana yang Kabupaten Bandung dan mana yang Kota Bandung.

Nah, karena itulah akhirnya saya nyeret 2 temen kongkow untuk ngiterin Bandung seharian. Kapan lagi kan ikut menuh-menuhin Bandung pas weekend. Berbekal GPS dan kesotoyan kami akhirnya mendarat sempurna di De'Ranch. Kawasan wisata yang baru masuk kita ngerasa kaya lagi di Negeri Koboy.

Biarkan Gambar yang berbicara :


Gerbang masuk
Kalau di dalem takut bakal nyasar, ga tau jalan keluar dan ga tau jalan buat ngunjungin satu titik ke titik lainnya, ada baiknya denah lokasi yang dipajang di pintu masuk ini diinget-inget sebagai bekal.


Dan ada juga information board yang dipampang sebelum pintu masuk biar pada tau di dalem tuh ada apa aja sih. Biar tambah penasaran gitu aslinya kaya gimana sih ini. Atau biar jadi bingung ngapain dulu ya, main dulu, makan dulu, apa beli oleh - oleh dulu.




yang ada sebelum pintu masuk juga

Nah, pas udah masuk ke dalem dan udah puas ngerasain hawa-hawa kaya lagi di mexico gitu jangan sampe lupa foto di spot ini.


Dan berikut beberapa gambaran tentang arena di dalam :

Rumah indian di sekitar track sepeda

ini tempat beli karcis permainan
trampolin

list harga
Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menunggangi kuda, dan biar auranya lebih berasa pake baju - baju indian gitu biar makin kece



Puas keliling-keliling dan kecekek ngeliat harga makanan di food courtnya yang rasanya sayang banget ngeluarin uang. Kami keluar dari kawasan De Ranch ini dan melanjutkan perjalanan kemanapun angin membawa. Sampai pada akhirnya, kami di bawa naik ke angkot yang menuju kawasan Tangkuban Perahu. Tapi di iming-imingi di deket-deket situ ada curug dan pemandian air panas yang rame dan bagus.

Setelah duduk manis dan tidak sabar menunggu sampai di curug yang dijanjikan, kepala saya mulai berpikir keras dan adrenalin saya benar-benar naik sampai rasanya pusing ga keruan. Tapi dua teman saya yang lain anteng dan pasang muka tanpa dosa yang polos terserah mau di bawa kemana.

Melewati kawasan Tangkuban Perahu dan liat angkot yang lewat situ semakin sepi, saya memberanikan diri untuk bertanya masih jauh atau gak. Bapak angkot dengan enaknya bilang lumayan, dan ntar kalo mau pulang cari aja bis 3/4 yang biasa lewat kawasan itu tapi emang rada jarang. Lah piye?

Akhirnya saya minta puter balik karena kami ga mau ntar pulangnya terlunta-lunta karena ga tau jalan pulang dan mau naik apa. Saya curiganya kami bakal di apa-apain karena kita ga dikasih turun di arena outbound yang rame  dengan alasan hanya untuk rombongan. Sedang motor berjejer banyak banget.

Kami diputerin lewat jalan sempit dan jalur singkat [katanya] yang sepanjang jalan itu saya ga liat angkot lain yang papasan. Sampailah kami di tempat yang entah di mana keberadaannya.


0,8 km dari kawasan De'Ranch
Saya teramat sangat lega sudah diturnin dari angkot tersebut, meskipun ga tau posisinya lagi dimana. Guess what, dengan deg-degan saya yang teramat besar dan kebingungan ini ada dimana harus bayar Rp 25.000/orang untuk ongkos angkot. TAI KUDA !

Setelah masuk kawasan ini, akhirnya kami tau ini Curug namanya apa dan ternyata bisa tembus ke Dago lewatin Hutan sejauh 17 km.



Ini curug termahal yang pernah saya kunjungi, karena ongkosnya. Sedang pemandangannya masih kalah jauh sama Lembah Harau
Curug
 Kami diselamatkan angkot yang sudah langka seperti ini untuk akhirnya bisa keluar dari entah kawasan mana dan dikembalikan pada angkot yang akan membawa kami pulang.



Melangkahlah sekarang maka petualanganmu akan semakin dekat
See you \o/

You Might Also Like

0 comments

Instagram