Asal lompat sampai di Garut

Friday, April 06, 2012

gatel bengong di kosan di tengah jejeran tanggal merah akhirnya saya dan imeh setelah galau yang berkepanjangan memilih untuk ngebolang ke Garut. Mau nyebut backpackeran tapi asa ga cocok. berangkat dari Jatinangor jam 7 ke Rancaekek (karena kalo naik dari sini muraaaahhh sekaliii dua kaliii tiga kaliii) , dan baru dapet bus jam 8. berbekal informasi yang minim, dan cuma inget Leles dan alun - alun berangkatlah kami sang petualang. huohuo *backsoundnya wali - cari jodoh*

perkiraan nyampe Garut itu siang sekitar 3jam perjalanan, ga taunya jam 9 udah nyampe aja. pas kenek bus nya teriak - teriak Leles, awalnya bengong dulu ga yakin mau turun di situ apa kagak. dan yes, kami turun. nah, pas turun dari bus udah disambut tukang ojek ibarat sang diva yang baru pulang kampung. *cuih*

karena bingung, kami nyari informasi ke mana harus melangkah ! hiyaa, muka tebel harus dibutuhkan saat ini saudara - saudara. dompet tebel juga. haha. di suggest buat ke Cangkuang dan akses ke sananya kalo ga delman ya ojek.

kembalilah kami ke pangkuan ojeg, nawar harus sadis kalo ga mau dompet tipis. nah, sekitaran 5 menitan nyampe deh tu di Cangkuang. Sebenenya buat ke candinya ada Situ Cangkuang yang bisa ditempuh dengan naik getek. tapi, karena harus mengeluarkan biaya yang kalah saing dengan harga ojeg yang ditawarkan, berlanjutlah kami naik ojeg.

nyampe deh di candi cangkuang, bodo lah ga dapet sensasi getek juga ga apa - apa. asalkan apa? hiyaa, dompet terselamatkan.

Nah ini dia point utamanya, dokumentasi yang dipublikasi jengjengjengggg


information board


penampakan belakang
Candi ini udah dipugar, dan dari total candi ini yang beneran asli cuma 40%. karena yang ditemukan utuh ya cuma segitu. yang lainnya dari batuan garnit atau apa ya tadi tu kata mang yang informasinya. hehe. yang asli bagian candinya itu yang warna merah. nah, di dalem ini itu ada patung dewa. dewa apa? ntar, scroll dulu aja ke bawah :))

penampakan candi depan
 yang cewe kece itu bukan benda cagar budaya ya, jangan salah fokus :)) hehe

makam mbah arif muhammad
kata bagian informasinya ga ada hubungan antara candi sama makam. beda abad, dan mbah arif itu pendatang.

yuk
 ga afdhol kan kalo ke cagar budaya cuma buat foto - foto sama ngeliatin doang. harus tau asal - usul nya gimana.




nah, ini dia yang ada di dalam museum. check this out :






taraaaa, ini nih yang ada di dalam candi. buat nutupin lubang yang dulunya di pake naro abu bekas bakar orang yang udah meninggal. karena sekarang udah ga digunain lagi, jadi lobangnya ditutup pake arca dewa siwa ini. lumayan serem sih alo ngeliat ke dalemnya.

foto dari foto arca dewa siwa
ini yang paling langka kayanya, abad sekian heheh.


nah, di depan kawasan candi itu ada rumah adat kampung Pulo. uniknya, rumah di kawasan ini ga boleh lebih dari 6 dan 1 mesjid. yang tinggal di sini itu sekarang turunan ke 8 dari mbah arif muhammad. konon, beliau dulu punya 6 anak perempuan dan 1 anak lelaki yang nempatin mesjid. kalo ada keluarga yang nikah harus harus keluar dari perkampungan itu. kecuali kalo emang orang tuanya udah meninggal. tapi yang berhak atas rumah itu ya cuma anak perempuan. anak lelakinya di mesjid. jadi kaya di minangkabau gitu ya :))

hafalin nama KK nya, biar bisa minta makan siang gratis :)

kalo ini informasi tentang manfaat buah cangkuang. nah, asal muasal nama candi cangkuang ya dari sini, karena ditemukan di daerah yang banyak pohon cangkuangnya.


bapak sumber informasi

karena kita ga tau abis itu mau kemana, jadi ini seperti air di tengah dahaga. melegakaaaan sekali.



nah ini dia pintu masuk komplek rumah adat kampung Pulo.


ini salah satu rumah

ini mesjid tempat yang lelaki


nah ini situ cangkuangnya :

miniatur getek


abis itu kita keluar jalan kaki, karena ga mau rugi kalo naik getek. haha :)) terus pas udah di jalan raya baru nyegat ojek dan tetep jangan lupa NAWAR itu sikap mutlak ! kita di drop di alun - alun leles yang berada di deket jalan utama. dari situ naik angkot ke arah kotanya. nyampe deh di alun - alun kota Garut. 

im in Garuuutttt
ga tau mau makan di mana, dan @info_garut balesnya lamaaa pisaan, akhirnya nanya ke pak polteng. lupa foto banreng pula :( hiks. awalnya mau makan bakso rusuk, tapi karena mau jumatan jadinya tutup. buka lagi tu jam 1. satu setengah jam dengan melongo di depan KUA itu useless banget dong. beda, kalo misalnya nunggu KUA buka buat nikahan.

nah, kita sempet dapet informasi katanya makan di Cibiuk itu enak. pas mau ke kota dari Leles kita sempat liat. jadi balik arah dari alun - alun, naik angkot lagi, dan sampai di Cibiuk. Pesen makanan khas di sini, ada Gurame sama ayam tangkep. kita milih ayam tangkepnya 


itu harganya, 33,5
inilah kenapa wisata kali ini ga pantes di sebut backpack, makannya aja di resto. huhuh. mahal pula, dompet udah jerit - jerit padahal



itu ekspresi tertindas dengan harga makanan yang super mahal. kalo di kosan itu kan buat makan 3 hari :'( di sini cuma buat sekali makan. SATU KALI !!!

karena dompet udah kempes dan jejeritan, akhirnya kami kabur ke chocodot. eh bayar ga ya makannya. ah biarlah itu menjadi rahasia. hahah. kirain chocodot itu dodol isi garut eh coklat. ternyata coklat isi dodol. kan ada beberapa tester yang disediakan, ga mungkin di sia-siakan dong. saya nyoba semua, mulai dari yang isi cabe, coffee, aneka buah, dodol, etc.



tapi yang dibeli :

kreatif banget emang, tau banget sih saya lagi desperate soal jodoh. ckckckc


Price Information :

Bus : Racaekek - Garut = Rp. 5000 (Primjas Rp. 3000)
Ojek : Alun - Alun Leles - Cangkuan = Rp. 5000 (amazing ! Bus = Ojek)
Masuk Kawasan Candi : Dewasa Rp. 3000
Kalo getek : Rp. 10.000/orang (pp)
Ojek : Cangkuang - Jalan Raya = Rp. 3500
Angkot : Leles - Kota Garut = Rp. 3000 (Bus = Angkot)
Makan : kalo di cibuik yang paling murah kopi tubruk / teh botol : Rp. 5000. kalo makanan tahu sumedang : Rp. 750/pcs. haha
Cibiuk - Chocodot : Gratis (jalan kaki aja, deket) palingan angkot juga seribu
kisaran harga di chocodot : dari Rp. 7000. kalo yang enteng jodoh Rp. 13.000








You Might Also Like

0 comments

Instagram